Sabtu, 16 Juni 2012

“Mengenal situ sangiang di kab. Tasikmalaya sebagai potensi wisata alam yang terpendam”

Situ sangiang adalah salah satu situ yang terdapat di daerah kab. Tasikmalaya tepatnya di Cibalanarik kec. Tanjungjaya Kab. Tasikmalaya. Untuk bisa sampai kesana memang tidak terlalu lama jika kita memakai kendaraan motor dalam waktu 30menit kita sudah dapat sampai kesana, tetapi apabila menggunakan roda empat kita memiliki dua route kita bisa masuk dari kec. Sukaraja atau kec. Mangunreja.
Ini adalah salah satu foto saya di situ sangiang :







Melihat foto yang telah saya ambil seperti di atas mungkin sodara/i pembaca sekalian bertanya-tanya seperti apa situ sangiang ini, baik untuk lebih jelasnya saya akan jelaskan disini bagaimana lokasi dan keadaan situ sangiang
Setelah sesampai di pintu masuk situ sangiang, kita harus melewati terlebih dahulu perkampungan warga sekitar dan untuk jalannya mungkin sedikit tidak nyaman kjarena sampai saat ini belum ada perbaikan lagi.. di situ sanghiang terdapat beberapa  tempat atau point yang mungkin bisa kita manfaatkan, terlebih bagi warga sekitar yang tidak terlalu jauh untuk bisa sampai ke situ sangiang ini..

Situ sangiang ini memang kelihatannya seperti tempat objek wisata yang belum diperbahrui lagi oleh pemerintah.. terbukti dengan para pengujung yang sedikit dan mungkin ramai ketika hari tertentu, terdapat sebuah tempat berteduh di awal muka kita sampai di situ.. memang kalo untuk pemandangannya situ sangiang ini bisa di acungkan jempol bagi para fotografer bisa dipakai sebagai tempat untuk hunting karena memang tempatnya terkesan natural, di pinggiran jalan kecil terdapat warung-warung dan di pinggiran situ ada saung-saung untuk para pengunjung dan biasanya di saung kecil inilah para pengujung beristirahat, menikmati situ sangiang  di bawah adalah beberapa contoh gambar..


Selain itu para pengujung juga bisa menikmati rakit untuk bersampan mengelilingi situ sangiang bisa juga menuju salah satu pulau atau daratan kecil di tengah pulau situ sangiang. Selain itu juga para pengunjung biasanya berliburan bersama keluarga sambil membawa makanan untuk botram di pinggir-pinggir situ. Sering juga situ sangiang ini di jadikan tempat untuk festival kecil-kecilan beberapa bulan sekali dan disaat itu para pengujung tiba-tiba ramai. Di situ sanghiang juga teredapat arena balap motocross, event ini biasanya diselenggarakan setiap satu tahun sekali acara rutin ini menjadi salah satu magnet yang menarik pengujung bermunculan dari mana-mana.

Dengan keadaan alam yang masih natural, di samping menjadi objek wisata ternyata situ sangiang ini pernah menjadi objek penelitian oleh para mahasiswa ITB di bawah adalah kutipan yang saya temukan di salah satu web. 


BACA JUGA :
>Keindahan Kawah Galunggung
>pamijahan "Wisata Religi"
>Objek wisata Cipanas galunggung


2 komentar:

wahh sepertinya berjalanjalan.com harus ke situ sangiang ini nih,, hatur nhun kg info dan postnya